Berita

Seminar International Hospitality Outlook “Emerging Hotel Management through Digital Marketing”
12 Mar 2018 | Komentar

Nusa Dua, 9 Maret 2018 -- Program Studi Administrasi Perhotelan Kelas D (ADH-D) Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali menyelenggarakan acara Seminar International Hospitality Outlook yang bertempat di Mercure Nusa Dua.Acara ini mengangkat tema “Emerging Hotel Management through Digital Marketing”. Acara dimulai pada pukul 08.30 pagi dengan acara pembukaan, laporan kegiatan oleh Luh Putu Nadia Rizki Utami selaku Ketua Panitia, sambutan dari bapak Drs. Dewa Ketut Sujatha, M.Si.CHT selaku Kepala Program Studi Administrasi Perhotelan, sambutan dari bapak I Nyoman Sudiksa selaku Puket 3 dan wakil dari Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali (STPNB).

Sesi seminar dimulai oleh pembicara Bapak Ricky Putra, dengan topik bahasan “Elevating Hotel’s Profitability Through Marketing Strategic”. Pada topik ini Bapak Ricky Putra menjelaskan langkah-langkah apa saja yang bisa diambil oleh manajemen hotel untuk meningkatkan keuntungan khusunya melalui pemilihan strategi dalam pemasaran. Selanjutnya adalah pembicara kedua yaitu Bapak Reza Sunardi, dengan topik bahasan “Why Your Hotel’s Online Reputation is Impacting Future Booking”. Pada sesi kedua ini bapak Reza Sunardi mejelaskan bagaimana cara membuat online reputation hotel agar tetap bagus, sehingga hotel mampu memenangkan persaingan secara online, khususnya pada platform tertentu seperti TripAdvisor. Sesi ketiga dibawakan oleh Ibu Fransiska Handoko CHA., CHIA dengan topik “Trend Driven Consumer: Future Travel Trend”. Ibu Fransiska Handoko menyebutkan perubahan trend bisa terjadi kapan saja, kita sebagai pelaku pariwisata harus siap untuk menghadapi perubahan tersebut. Pada penutupan acara, diberikan kesimpulan oleh moderator Dr. Irene Hanna H Sihombing SE., MM.

Salah satu highlight yang disampaikan dalam seminar perubahan teknologi mengubah cara wisatawan dalam melakukan perjalanan. Oleh sebab itu, manajer harus bersedia mengubah rencananya bila pasar berubah. Teknologi dan produk-produk adalah sesuatu yang selalu berubah. Karena itu strategi pemasaran pun harus pula selalu berubah. Memasarkan suatu produk adalah suatu eksperimen terus-menerus. Adanya disruptive innovation melalui teknologi menjadikan dunia digital bagian integral dari setiap kegiatan pemasaran di hotel. Laju perubahan sungguh luar biasa. Meskipun demikian upaya membangun hubungan ketimbang sekedar promosi produk. Mengkonsumsikan konsep-konsep ketimbang sekedar informasi yang berceraiberai, dan menciptakan pasar-pasar baru ketimbang sekedar berbagi pangsa pasar yang sudah ada. Dunia bisnis berubah dengan adanya dunia digital yang semakin seksi.

Antusisme peserta dalam kegiatan seminar ini terlihat dari ramainya peserta yang hadir. Peserta membludak menjadi 83 peserta dari 6 negara berbeda (Amerika, Perancis, Cina, Australia, Inggris dan Indonesia) dari target 60 peserta.

 

Bagikan :

Selengkapnya

27 Nov 2018
Mahasiswa STP Bali mendapatkan predikat The Most Outstanding Youth Delegates pada APTTYS 2018
Detail
22 Nov 2018
BENCHMARKING AT BINUS UNIVERSITY JAKARTA
Detail
Facebook